Rabu, 28 Februari 2018

9 TIPS JITU MENJADIKAN TOKO ANDA RAMAI PELANGGAN



                Kenali faktor penyebab took anda sepi pengunjung dan temukan solusi jitu untuk menjadikan toko anda ramai dikunjungi pelanggan.
                Memiliki toko yang ramai dikunjungi pelanggan adalah impian banyak orang. Nyata nya sering kita temui,toko kita lebih banyak sepi nya disbanding ramai nya. Benar begitu kan ???
                Tips-tips berikut bagus untuk di aplikasikan di toko-toko retail dengan berbagai platform, yaitu : minimarket, supermarket, toko grosir, toko buku, toko alat tulis, warung, caffe, resto, petshop ,dan sejenisnya.
Pertama-tama pelajari beberpa kondisi berikut :
1. hitung traffic/lalu lalang masyarakat yang melewati area toko anda
2. coba tengok kanan kiri toko anda, lihat apakah di sekitar area toko anda ada toko sejenis/competitor
3. coba kunjungi toko competitor anda dalam beberapa waktu di week days (siang,sore,malam) dan week end (siang,sore,malam). Dan bagaiamana kondisi toko competitor anda??

                Point 1 hingga 3 adalah faktor-faktor ekternal yang perlu anda analisa sebelum masuk ke faktor-faktor internal.

Point berikutnya adalah faktor-faktor utama dari faktor internal. Kali ini saya akan langsung pada point point solusi yang anda bisa eksekusi di toko anda :

1.      Buatlah display/tampilan depan toko semenarik mungkin buat pengunjung. Melihat toko anda cantik, rapi dan bersih akan membuat orang datang ke toko anda. Cobalah secara regular mengganti barang-barang pajangan, mungkin seminggu atau dua minggu sekali.
2.       Membuat layout penataan barang di rak-rak menjadi lebih baik. Ketika masuk dalam toko/supermarket lokal, sering kali bahkan mungkin bisa dikata kan hampir semua layout yang mereka miliki benar-benar kurang bagus.

3.       Pengaturan pencahayaan dalam toko. Anda pernah masuk ke minimarket yang lampunya terang sekali hingga mata terasa sakit untuk melihat ?? perhatikan warna dan intesitas penerangan lampu yang dipakai di dalam toko, agar pengunjung nyaman dalam mencari barang yang di inginkan. Pencahayaan bisa menggunakan lampu berwarna kuning untuk kesan nyaman. Untuk produk-produk dalam etalase, sebaiknya lampu dalam etalase tidak sampai terlihat karena bisa menyilaukan pengunjung untuk melihat barang di dalamnya. Minimalkan penggunaan lampu pada pagi dan siang hari.

4.       Pengaturan pajangan/display sesuai dengan kategori produknya. Penataan produk dalam toko disesuaikan dengan kategori produk yang sejenis, misalnya sabun,pasta gigi, shampoo,parfum dimasukkan dalam kategori perawatan tubuh. Hal ini di lakukan agar pengunjung tidak bingung dalam mencari barang-barang kebutuhannya. Kalau toko anda memiliki lorong yang cukup lebar, anda bisa membuat “cross merchandise” atau display produk dengan kategori produk yang berbeda,namun memiliki tujuan dan fungsi yang masih satu jalur. Contoh misalnya ,membuat display pencuci botol susu pada area susu bayi. Hal ini juga sebagai pengingat bagi pelanggang untuk membeli produk yang lainnya di lorong berikutnya.

5.       Buatlah display animasi atau pajangan yang dapat membuat pengunjung kagum. Percaya atau tidak, pengunjung mempunyai memori yang kuat apabila mereka memiliki pengalaman yang “WOW” ketika didalam toko. Hal ini memicu pelanggan naik level menjadi pelanggang loyal. Salah satu contoh yang sering dilakukan modern retai yaitu membuat display animasi dengan produk dengan kuantiti yang cukup banyak.

6.       Membuat program promosi dan marketing. Program marketing yang bagus akan sangat meningkatkan pengunjung dalam toko anda. Anda harus jeli melihat peluang produk-produk apa yang sebaiknya anda bikin program promosi.   Saya berikan satu contoh yang sering kami lakukan : ketika posisi saat ini adalah di minggu ke 3.  Saya akan siapkan program promosi untuk produk-produk kebutuhan rumah tangga, contohnya minyak goreng, sabun cuci, atau beberapa produk lainnya.  Kenapa harus dimulai dipersiapkan di minggu ke 3.  Jawaban nya mudah.  Anda harus memesan barang-barang  yang akan anda promosikan.  Supaya ketika tiba waktunya di minggu ke 4, barang-barang promosi semua siap untuk dibeli oleh pelanggan.  

Demikian di atas adalah 9 poin sedikit mengupas tentang hal-hal basic yang sebaiknya anda cek dan eksekusi. Semoga beberapa tips tersebut membantu para mitra bisnis untuk melakukan penataan toko dan merchandising dengan baik sehingga lebih banyak pengunjung yang datang di toko anda dan meningkatkan penjualan produk. Bagi anda yang ingin melakukan konsultasi GRATIS berkaitan dengan bisnis anda, kami adalah perusahaan jasa konsultan toko atau bisnis retail di Indonesia. Kantor kami ada di Surabaya, namun demikian kami melayani kota-kota besar di seluruh Indonesia. Jangan segan segera kontak kami untuk Tanya jawab lebih dalam soal problem yang anda hadapi saat ini.
                Cek website kami di www.konsultan.co

info admin call/wa 0821-3926-9918

Tidak ada komentar:

Posting Komentar